Penghijauan di Sekolah

PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Banyak fakta yang menunjukkan bahwa tidak jarang pembangunan dibangun di lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau. Padahal tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama yang mengubah energi surya menjadi energi potensial untuk makhluk lainnya dan mengubah CO2 menjadi O2 dalam proses fotosintesis. Sehingga dengan meningkatkan penghijauan di perkotaan berarti dapat mengurangi CO2 atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca atau gangguan iklim. Di samping vegetasi berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan estetika serta kesehatan jiwa. Mengingat pentingnya peranan vegetasi ini terutama di perkotaan untuk menangani krisis lingkungan maka diperlukan perencanaan dan penanaman vegetasi untuk penghijauan secara konseptual.

Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan taman-taman kota, taman-taman lingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Dalam hal ini penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan.

Begitu pentingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.

Manfaat hutan yang lain adalah:

  1. Sebagai suplai Oksigen untuk pernafasa.
  2. Sebagai pencegah banjir
  3. Sebagai penyejuk alam
  4. Sebagai paru-paru dunia

Dan masih banyak lagi manfaat hutan bagi manusia yang lain. Dalam Hal ini SDN Puspiptek – Pagedangan mengadakan penghijauan di sekolah dan sekaligus untuk memperingati hari hijau sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2010 . Pihak sekolah mendapat sekitar 100 pohon dalam berbagai jenis dari Kementrian Negara Riset dan Teknologi PUSPIPTEK .  Secara serentak Kepala Sekolah , Dewan Guru dan para murid menanam pepohonan tersebut di sekitar sekolah . Kelak dimasa yang akan datang Sekolah kita akan semakin hijau dan Asri  . . . . .  S E M O G A  .

Inilah sebagian foto foto dari kegiatan tersebut meliputi :

  1. Penanaman Pohon .
  2. Pembacaan puisi
  3. Menggambar tema penghijauan.
  4. Dan lain lain

4 Balasan ke Penghijauan di Sekolah

  1. abah sang raggae berkata:

    ini namanye cerita

  2. Fifiiy Shabillaa berkata:

    mana caranya…????

    rugi kalau membaca,,,,!!!!!

  3. tita sartika berkata:

    Cerita nya bgus bngt,,
    klo ad hutan yg gundul kta hrus menanAm kembali lhan yg gundul,,,
    stuju gk tmen-tmen

  4. fahruzi berkata:

    yang manggambar orangnya bongol.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s